Dosen Universitas Siliwangi Tasikmalaya Isi Kuliah Tamu di Prodi PBSI Unkhair

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia telah menggelar Kuliah Tamu di Universitas Khairun, Selasa (26/7/2022).

Kuliah ini menghadirkan dosen tamu Dr. Titin Setiartin Ruslan, M.Pd. Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Siliwangi Tasikmalaya, yang membahas “Transformasi Teks Cerita Rakyat Ke dalam Bentuk Gambar/Animasi Komik.”

Sebelum penyampaian materi terdapat sambutan dari Koordinator Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Khairun yaitu Bapak Anwar Nada, S.Pd., M.Hum dan sekaligus membuka acara kuliah tamu dengan resmi.

Sambutan dari Koordinator Prodi PBSI, Universitas Khairun.

Kuliah tamu kali ini dimoderatori oleh Mega Dewi Yanti Ode (mahasiswa Prodi PBSI) diikuti oleh dosen dan mahasiswa lingkup Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Dr. Titin Setiartin Ruslan, M.Pd. Dalam pemaparannya menjelaskan bahwa transformasi adalah perubahan atau mengubah unsur gramatikal menjadi struktur gramatikal lain dengan menambah, mengurangi, dan mengatur kembali konsituen.

Dengan model pembelajaran yang dirancang lebih menarik dapat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuannya.

Salah satu cara mentransformasi teks cerita rakyat ke dalam bentuk gambar animasi atau komik yaitu, membaca kritis menulis kreatif. Membaca kritis menulis kreatif adalah pembelajaran membaca apresiatif yang merupakan proses estetis reseptif siswa diajak untuk menjelajahi imajinasi pengarang dalam teks yang dibaca.

Diketahui dalam acara ini terdapat penyerahan cendramata dari Ibu Dr. Titin Setiartin Ruslan, M.Pd. (Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Siliwangi Tasikmalaya) kepada Bapak Anwar Nada, S.Pd., M. Hum. (Koordinator Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Khairun).

Penyerahan cendramata dari Ibu Dr. Titin Setiartin Ruslan, M.Pd. kepada Bapak Anwar Nada, S.Pd., M. Hum.

Semoga dengan kuliah tamu ini dapat menambah wawasan para mahasiswa untuk lebih kreatif dan inovatif dalam  menghadapi kemajuan ilmu pengetahuan dan ekonomi secara global.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.